Senin, 09 November 2009

Ummi, Kakek ’di instal’ ulang saja...!




Kalau mengingat murid saya Farhan, saya jadi rindu. Farhan yang termasuk kategori anak autis. Mengikuti pembelajaran di sekolah umum, bukan sekolah khusus untuk anak autis. Saya faham kalau orang tuanya ingin agar anaknya bisa bergaul dengan teman-temannya yang normal. Untuk kategori anak autis, Farhan termasuk anak yang bisa diajak berkomunikasi dengan baik. Walau tatapan matanya masih selalu tidak fokus.

Farhan anak yang sangat baik, dia tidak pernah berbuat nakal atau usil pada temannya. Dia baru akan bereaksi kalo ada dari teman-temannya berlaku tidak adil atau nakal padanya.

Seperti anak autis lainnya...yang sering melakukan segala sesuatu sesuai sistem. Farhan pun demikian. Jika ada satu rutinitas yang disukainya, maka aktivitas itu harus berulang di hari selanjutnya. Apa sih yang di sukai Farhan ? Ternyata Farhan suka sekali hal-hal yang berbau komputer. Tak heran, pelajarn TIK menjadi pelajaran favoritnya. Farhan tak pernah absen untuk mengikutinya.

Farhan juga mempunyai kebiasaan, pergi ke lab komputer sebelum pulang kerumahnya. Awalnya saya mengira, Farhan akan berbuat sesuatu dengan komputer-komputer kami, karena dia ’gemas’. Namun, yang kami lihat dia hanya berjalan berkeliling ruangan sambil memeriksa komputer ynag belum rapi dan masih menyala. Dia akan membantu saya dengan senang hati dan mematikan komputer yang tidak digunakan. Setelah memastikan kondisi lab beres, Farhan baru mau diajak pulang kerumahnya. Dan itupun kalau farhan sudah bertemu dengan kami guru TIK nya. Ketika saya tidak ada di lab, Farhan akan mencari saya sampai ketemu. Setelah ketemu...ya sudah...dia pun langsung pergi.

Farhan....mengenangmu...makin ibu rindu......

Suatu saat kami dapat kabar kalau kakek Farhan meninggal, sehingga dia tidak masuk sekolah. Esoknya, ketika disekolah, Ummi Farhan bercerita tentang Farhan ketika melihat kakeknya sudah meninggal. Farhan terus berkomentar seperti ini :
” Ummi,.....kakek di install aja lagi.....sama Bu Nisa ”, katanya dengan sungguh-sungguh.

Itulah farhan,...yang suka sekali dengan dunia IT, perkataannya pun bercampur dengan istilah komputer ketika ingin menyampaikan sesuatu. Mungkin farhan ingat...ketika komputernya mati karena rusak softwarenya, kami menginstall ulang komputernya. Waktu itu memang farhan bertanya :
” Ada apa dengan komputernya ?”, tanyanya.
Saya jawab : ” Komputernya mati nak, rusak harus diinstall dulu ya ...”

Farhan-farhan.........semoga Allah menuntunmu untuk belajar lebih banyak. Dan Kau menemukan guru yang bisa membimbingmu untuk meraih cita-citamu... walau kau Austis, tapi ibu tahu kau mampu......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar