Senin, 25 Juli 2011

Ketika Bunga Bicara !

Ketika Bunga Bicara !

Pagi yang cerah, dengan semburat mentari di ufuk pagi menghangatkan jiwa-jiwa kita. Disepanjang jalan kota tampak berbeda, terlihat meriah dengan spanduk dan umbul-umbul warna-warni bertuliskan ucapan selamat untuk para guru.

Yah, hari ini tanggal 24 November, adalah hari ulang tahun PGRI ( persatuan Guru Republik Indonesia ). Para guru mengenakan baju PGRI-nya, terlihat sangat bersahaja. Saat sarapan pagi bersama, seorang guru Bu imah bercerita dengan berkaca-kaca seraya mengenang para gurunya terdahulu, yang telah menorehkan kenangan tak terlupakan untuk murid-muridnya. Bukan hanya kenangan biasa, kenangan akan ilmu dan pengajaran yang diberikan dengan cinta kasih mereka. Para guru yang sekarang berdiri didepan murid-muridnya, adalah murid-murid kecil puluhan tahun yang lalu. Yang merasakan ’nikmat’ pengajaran dari sebuah sistem pendidikan masa lalu.

Sebelum mengikuti proses belajar mengajar di kelas, kami para guru dan murid-murid SD Sains Tahfidz Islamic Center Madinatul Ulum, berkumpul di lapangan untuk mengadakan upacara memperingati HUT RI. Terlihat dilapangan siswa-siswa sudah berbaris dengan rapi, ditangan mereka ada buket bunga warna-warni. Mereka tampak begitu sibuk dengan bunga ditangannya.

Begitu upacara usai, anak-anak berbaris rapi dan bersalaman dengan para guru sambil memberikan bunga kepada guru yang mereka inginkan. Momen ini sangat berarti buat para guru. Anak-anak yang polos akan memberikan bunga pada guru yang paling disukainya. Kami jadi berfikir dan menerawang ketika kami mengajar dikelas.....Apakah yang sudah kita berikan ? Sudahkah kenyamanan menemani prose belajar mereka.

Anak-anak akan sangat jujur ...walau tanpa kata, bunga itu sudah mewakili hatinya. Namun, Bapak dan ibu guru jangan bersedih ketika bunga yang sampai ditangan tak seberapa. Kita harus melihat ke depan dan memperbaiki interaksi kita dengan murid. Memberikan segenap cinta kita untuk mengiringi proses belajar mereka.

Selamat untuk guru-guru yang mendapatkan banyak bunga.....cinta kita telah mendapat balasan berupa cinta yang lebih besar dari murid-murid kita. Amanah besar yang harus kita jaga...menjadi teladan terbaik buat mereka.

Bunga-bunga itu akan senantiasa menghiasi kelas-kelas kita, ketika kita pandang terbayanglah wajah murid-murid tercinta. Wajah yang akan menjadi calon-calon pemimpin negeri ini. Untuk mereka, berikanlah yang terbaik. Mengajar dengan penuh cinta, ketulusan dan kesabaran. Ya Allah..jadikanlah murid-murid kami bunga-bunga yang bermekaran ditaman hati para guru....!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar